Apel Siaga Ditjen PSDKP Tahun 2024

Jakarta Kamis, 1 Februari 2024 

Sebagai Pengawas Perikanan mengikuti Apel Siaga Korps Pengawas Kelautan dan Perikanan Tahun 2024 yang bertempat di Dermaga Ex. Presiden, PT. Indonesia Kendaraan, Terminal Tanjung Priok - Jakarta Utara. Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Dirjen PSDKP, Jajaran Eselon II Lingkup Ditjen PSDKP, Para Komandan UPT lingkup Ditjen PSDKP, dan seluruh Pegawai lingkup Ditjen PSDKP serta para undangan dari instansi terkait. 


Acara dipimpin langsung oleh Bapak Dirjen PSDKP, Laksda TNI Dr. Adin Nurawaladdin, M.Han, dengan mengambil tema “Direktorat Jenderal PSDKP Siap Mengawal Kebijakan Kementerian Kelautan dan Perikanan, berlayar dengan Ekonomi Biru untuk Indonesia Emas”. 

Dalam arahannya, Bapak Dirjen PSDKP, Laksanana Muda TNI Dr. Adin Nurawaluddin, M. Han mengatakan bahwa tujuan Apel Siaga ini untuk memastikan kesiapan seluruh instrumen pengawasan untuk mengawal implementasi kebijakan Ekonomi Biru tahun 2024. Dengan keberadaan instrumen pengawasan yang semakin memadai dapat menghadirkan deterrent effect (efek getaran) agar pelanggaran di sektor kelautan dan perikanan semakin berkurang. Bapak Dirjen PSDKP menjabarkan bahwa instrumen pengawasan tersebut terdiri dari 1.796 personil pengawasan kelautan dan perikanan, 34 armada kapal pengawas kelautan dan perikanan, 2 unit pesawat patroli, 91 unit speedboat dan Unit Reaksi Cepat, serta sistem pengawasan terintegrasi berbasis teknologi (Integrated Surveillance System). Giat Apel Siaga saat itu di tutup dengan pembacaan Ikrar Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan yang dipimpin oleh Bapak Dirjen PSDKP dan diikuti oleh seluruh pegawai lingkup Ditjen PSDKP.



#25TahunKKP  

#SailBeyondWithBlueEconomy

#2024KKPBeyond

#SaktiWahyuTrenggono 

#EkonomiBiru

#PSDKPSahabatNelayan